10 Maret 2009

Asteroid Sepanjang 50 Km Dekati Bumi


Sebuah asteroid sepanjang 50 km mendekati bumi pada hari ini, Senin (9/3/2009). Posisi asteroid tersebut lebih dekat daripada jarak bulan ke bumi.

"Jaraknya kurang dari 74.000 km, 2 kali dari jarak satelit geo stasioner," kata Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Senin (9/3/2009).

Namun Thomas meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Asteroid tersebut masih berada dalam jarak aman.

"Melintas saja karena dekat, setelah itu menjauh lagi. Kemungkinan tidak akan bertubrukan dalam waktu seabad lagi," jelasnya.

Peristiwa tubrukan asteroid, kata Thomas, sebelumnya pernah terjadi 65 juta tahun yang lalu. Pada saat itu, tumbukan terjadi di Semenanjung Yukatan, Meksiko, yang diduga menjadi penyebab musnahnya dinosaurus dari muka bumi.

"Yang kedua seabad lalu, ada pecahan komet ENCKE yang jatuh di Siberia. Hal ini menyebabkan lubang sebesar Jawa Barat," tambahnya.

Untuk asteroid kali ini, Thomas mengaku tidak terlalu khawatir. Seandainya jatuh ke bumi pun dampaknya tidak akan terlalu besar.

"Kemungkinan hanya mengganggu jaringan satelit di bumi saja," pungkasnya.

*sumber : detik.com

9 komentar:

J O N K on 10 Maret 2009 23.28 mengatakan...

ohhhhh, syukurlah gak sampe ke bumi ...

nanti bisa2 gak bisa bloging lagi hehehe

Li on 11 Maret 2009 00.24 mengatakan...

wahh menyeramkan yaa...hihihi....

Lumbunghati on 11 Maret 2009 00.43 mengatakan...

Seandainya...???
ah.. ga berani berandai2..serem. Untung aku udah nggak ada seabad kedepan.he he

BLOGGER Pemula on 11 Maret 2009 15.51 mengatakan...

Kok bentuknya aneh ya? Nemu dimana mas? hehehe..

luzman on 13 Maret 2009 10.05 mengatakan...

iyah bentuknya aneh. kyk permen
hehe

Kavi BorLand on 13 Maret 2009 23.43 mengatakan...

trus pergi kemana tuch asteroidnya.. aku mau ikut dunk.. skalian wau blogwalking ke seluruh jagat raya.. hehehe..

Penny on 14 Maret 2009 02.46 mengatakan...

hem.... ngeri juga.. ya???
jadi takut nih... kiamat dah dekat kali ya.. klo sampai Asteroid nyampek ke bumi?? ihiks...

Poetra Mahardika on 14 Maret 2009 10.47 mengatakan...

Waaahhh.. si Bro blm ada postingan baru niehhh... Ke mana aja bro??

Poetra Mahardika on 20 Maret 2009 10.57 mengatakan...

Wooiiiii... mana nehhh semangat nge-BLOG nya? Ayo brooo... jangan berhenti sebelum WAKTU nya TIBA.

Posting Komentar

 

Banner Teman

Bintang Tamu

Ngobrol Bareng


ShoutMix chat widget

HORSE PILOT © 2008 Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez