26 Februari 2009

Mahasiswa Unkhair Ternate bakar Fasilitas Kampus


DEMOKRASI VS ANARKISME

Aksi demo yang berakhir anarkis kembali terjadi, kali ini di Ternate, Maluku Utara. Mahasiswa Fakultas Hukum Unkhair membakar sejumlah fasilitas kampus setelah demo yang mereka gelar tidak mendapatkan respon dari pihak kampus. Demo mahasiswa ini terjadi akibat pimpinan fakultas agar lebih transparan dalam mengelola keuangan fakultas dan segera merampungkan proyek pembangunan taman fakultas hukum dan menyediakan fasilitas air bersih di fakultas itu. Mereka juga menuntut kepada pimpinan Fakultas untuk membebaskan pungutan dalam pengurusan kartu perpustakaan dan menyediakan fasilitas internet di fakultas hukum.

Aksi anarkis berupa pembakaran antara lain kursi dan meja. Selain itu, mahasiswa juga memboikot aktivitas perkuliahan di Fakultas Hukum dengan cara menyegel semua ruangan perkuliahan serta memblokader jalan menuju kampus Unkhair dengan menggunakan batu dan membakar ban bekas.

Memang sungguh disesalkan apabila setiap demo yang terjadi di Indonesia sering diakhiri dengan perusakan fasilitas. Apabila demo terus berakhir anarkis makna dari demo yang membawa aspirasi yang tulus akan semakin terkikis dibandingkan dampak yang ditimbulkan dari demo yang anarkis tersebut. Saya pribadi malah setuju dengan pendapat O.C Kaligis yang berpendapat bahwa demo itu sebaiknya dilakukan oleh 10 orang. Apabila tuntutan mereka tidak diterima para pendemo dapat mengajukan tuntutan ke pengadilan. Dengan demikian aksi anarkis dapat dihindari seminim mungkin dan masyarakat yang berada disekitar aksi dapat menjalankan aktifitasnya tanpa rasa was-was terjadi aksi anarkis.

2 komentar:

Poison-Tech' blog on 26 Februari 2009 22.03 mengatakan...

yah, inilah kesalahan sistem yang diterapkan oleh pemerintah...
pemerintah selalu menggubris aspirasi masyarakat ketika sudah banyak masa yang menyuarakannya, sehingga apapun diselesaikan dengan demo yang kemudian menjadi demo yang anarkis..

Rahmat Abd fatah on 29 Juni 2009 20.05 mengatakan...

Aksi adalah bentuk pendidikan politik untuk masyarakat, sehingga alangkah lebih bijak aksi yang dilakukan berbanding lurus dengan pemahaman dan kenyamanan masyarakat...

Posting Komentar

 

Banner Teman

Bintang Tamu

Ngobrol Bareng


ShoutMix chat widget

HORSE PILOT © 2008 Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez